Tutor

Disini letakkan kode untuk tab 1 anda
Disini letakkan kode untuk tab 2 anda
Disini letakkan kode untuk tab 3 anda
Disini letakkan kode untuk tab 4 anda

Minggu, 16 Desember 2012

Pengertian dan Panduan pembuatan blog


APASIH ITU BLOG..????

Para newbie blogeer pasti kebinggungan apa itu Blog, secara bahasa merupakan singkatan dari Web log. sedangkan Weblog sendiri adalah singkatan dari kata  “Logging The Web”. sedangkan asal-muasal dari “Logging The Web” adalah memasuki web dan menuliskan ‘kesimpulan link-link mana yang menarik‘ dan memberikan pendapat tentang link tersebut di jurnal online mereka.sedangkan pengertian lainya adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.nah sekarang udah tau kan apa itu BLOG...!

Definisi Blog Menurut Blogertutor
Blog itu adalah website dengan konten (konten itu apaan sih: konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari.
Jenis-jenis blog
·         Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
·         Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
·         Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
·         Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
·         Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
·         Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
·         Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
·         Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
·         Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
·         Blog agama: Membahas tentang agama
·         Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
·         Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
·         Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
·         Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
·         Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
·         Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog


Asal usul Blog nih ya:

Bentuk pertama blogging dimulai dari sebuah diary sederhana, dimulai saat Bruce Ableson merilis Open Diary pada Oktober 1998. Open Diary adalah sebuah aplikasi dimana penggunanya dapar membuat sebuah tulisan/blog dan memperbolehkan pembacanya untuk memberikan komentar.

Sebagian besar orang percaya bahwa media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com. Namun sebenarnya konsep awal fitur software untuk blogging diciptakan oleh Brad Fitzpatrick, yaitu LiveJournal. Software blogging pertama ini muncul dengan fitur yang lebih cangging dengan fitur seperti jejak pendapat online atau polling.

Kemudian duet Evan Williams and Meg Hourihan dari PyraLab merilis Blogger.com pada Agustus 1999, yang akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Setelah itu, Blogger meluas dan berubah menjadi software blogging yang paling banyak digunakan di dunia. Mungkin sebabnya karena Blogger telah ditangani oleh penguasa dunia maya, Google . Blogger memang mendunia. Selain gratis, Blogger juga memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk mendapatkan penghasilan (monetasi) yang melimpah. Itulah sebabnya saat ini banyak yang disebut blogger matre, .

Setelah itu bermunculan berbagai software blogging lainnya, menyusul kesuksesan Blogger. Salah satunya yang tak kalah populer adalah WordPress. WordPress adalah sebuah opensource (software gratisan) yang diciptakan oleh Matt Mullenweg.

WordPress hadir pada tahun 2003 dengan sebuah kode sederhana untuk mendukung struktur tulisan/posting (tipografi) dari penulisan sehari-hari. Mungkin saat itu penggunanya bisa dihitung dengan jari, karena Blogger telah populer. Tapi lain dulu, lain pula sekarang. WordPress yang sekarang juga telah berubah menjadi sebuah software blog self-hosting terbesar di dunia. Software ini digunakan oleh jutaan situs dan dikunjungi oleh puluhan juta orang setiap harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar